Drill Servants

Jasa sumur bor

Jenis jenis pengeboran dan metode nya

Jenis metode pengeboran dapat digolongkan menjadi beberapa kategori, yaitu:

-berdasarkan tujuannya
-berdasarkan lokasinya
-berdasarkan bentuk lubangnya
-berdasarkan mekanisme kerjanya dan
-berdasarkan sirkulasi fluidanya, serta jenis fluida yang digunakannya.

1. Jenis pengeboran Berdasarkan Tujuannya
Tujuan suatu pengeboran dapat bermacam-macam :

a. Pengeboran Inti, yaitu suatu penegeboran yang bertujuan untuk memperoleh contoh batuan dalam bentuk inti (core), dari kedalamn nol meter sampai kedalaman tertentu. Pengeboran ini biasa disebut dengan diamond drilling.

b. Pengeboran Stratigrafi, bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai urutan stratigrafi suatu daerah. Dimana stratigrafi adalah studi mengenai hubungan antara satu batuan dan batuan lain nya, serta sejarah dan umur lapisan batuan tersebut. Di perminyakan Pengeboran semacam ini biasa disebut dengan Pengeboran lubang kecil (slimhole drilling) karena biasanya diameter lubangnya kecil.

c. Pengeboran Struktur, bertujuan untuk mendapatkan gambaran struktur geologi suatu tempat.

d. Pengeboran Eksplorasi (Wildcat Drilling) yaitu Pengeboran uji untuk menguji apakah suatu formasi mengandung bahan galian atau tidak. Pengeboran metode ini adalah pengeboran paling mendebarkan dalam pencarian minyak bumi dan mineral.

e. Pengeboran Peledakan, Pengeboran yang dilakukan untuk membuat lubang isian bahan peledak.

f. Pengeboran Air Tanah, Pengeboran yang bertujuan untuk mengetahui kondisi akuifer maupun untuk keperluan konstruksi sumur bor .

Sesuai web ini, Pengeboran air tanah, jadi kita langsung ke jenis pengeboran yang ada pada pengeboran air tanah

2. Jenis-jenis Pengeboran air tanah Berdasarkan Mekanisme Kerjanya
a. Pengeboran Tangan (Hand Drill) atau jasa sumur bor manual.

Pada pengeboran jenis ini alat bor yang digunakan sangat sederhana. Pengeboran ini juga dilakukan pada kegiatan eksplorasi dangkal seperti placer deposit dan residual deposit.
Contoh nya seperti Auger drill Bor dan Bor bangka( bor tumbuk).

1). Auger Drill
Pengeboran ini bekerja seperti pembuka tutup botol dan dapat di putar dengan tang yang hanya dapat mencapai kedalaman beberapa 2-3 meter saja.
jenis pengeboran sumur drill hand

2). Bor bangka(Bor tumbuk)
Pada pengeboran ini dimana suatu alat selubung atau casing di beri platform dan di atasnya ada beberapa orang sebagai pemberi beban. pada prinsip nya ada beberapa orang sebagai beban untuk memberikan tumbukan
bor tumbuk drill servants

b. Pengeboran metode mekanis atau Jasa bor sumur mekanis
Jasa sumur bor mekanis dilakukan dengan menggunakan mesin sehingga mampu membor hingga kedalaman sangat dalam dengan keadaan bawah permukaan sangat keras sekalipun.

Jenis-jenis Pengeboran mekanis, antara lain:
1). Pengeboran Tumbuk (Percussive Drilling)
Percussive drilling adalah Jasa sumur bor yang menggunakan aksi tumbukan dengan mesin untuk melakukan penetrasi terhadap batuan. Komponen utama percussive drilling adalah piston. Energi tumbukan piston diteruskan ke batang bor dan mata bor dalam bentuk gelombang kejut yang bergerak sepanjang batang bor untuk meremukkan permukaan batuan.
bor perkusif, jasa pengeboran sumur bor

Keuntungan penggunaan mesin bor tumbuk antara lain:

1) Lebih ekonomis (Harga murah, biaya operasi rendah, biaya transportasi murah dan persiapan rig dapat dilakukan dengan cepat.
2) Menghasilkan contoh Pengeboran yang lebih baik, Lebih mempermudah pengenalan lokasi serta Tanpa sistem sirkulasi.
3) Kemungkinan kontaminasi karena proses Pengeboran relatif kecil.

Sementara itu dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan mesin bor tumbuk dibandingkan dengan mesin bor putar antara lain:
1) ROP (Rate of Penetration atau laju Pengeboran) sangat rendah.
2) Sling cable tool sering putus.

2). Jasa sumur bor metode putar/ Rotary drilling
adalah Jasa sumur bor yang menggunakan aksi putaran dibantu mesin penggerak untuk melakukan penetrasi terhadap batuan. Pada metode ini ada dua jenis mata bor yang digunakan yaitu tricone bit yang hasil penetrasinya berupa gerusan dan satu lagi bernama drag bit dengan hasil penetrasinya berupa potongan (cutting).

Pengeboran menggunakan metode rotary drilling dapat dibagi kedalam empat metode yaitu:
a). Menggunakan metode putar dan sistem sirkulasi secara langsung atau (Direct Circulation Rotary Methods). Prinsip kerja metode Pengeboran ini adalah memanfaatkan momen putar yang berasal dari stang bor mesing( Drilling string) yang dihubungkan dengan prime over melalui gear reduksion sistem.

Dibagian down hole sistem yang ujungnya dipasang mata bor (drilling bit) akan berputar di dalam lubang bor dan mendapatkan tekanan dari drill rod. Akibat gesekan dan tumbukan mata bor dengan batuan, akan terbentuk potongan-potongan batuan yang berukuran kecil yang disebut dengan serbuk Pengeboran atau cutting.

Hasil berupa lumpur bor terdiri dari material bentonite water base atau juga disebut oil base, keluar melalui mata bor kemudian selanjutnya ke permukaan melalui anulus lubang bor sambil membawa partikel hasil Pengeboran (cutting) ke permukaan. ketika sampai di mud nya drilling tank, partikel yang dibawa dari dasar sumur akan diendapkan dan selanjutnya lumpur bor dimasukkan lagi melalui pompa lumpur (mud pump).

b). Metode Putar dengan Udara (Air Rotary Methods)
Prinsip kerja pada metoda air rotary methods kurang lebih hampir mirip dengan metode direct rotary methods. perbedaan hanya terletak pada fungsi lumpur Pengeborannya.

Dalam metode direct rotary methods lumpur bor diganti dengan angin dari kompresor. metode ini biasanya hanya dilakukan pada pengeboran batuan keras atau pada pekerjaan Pengeboran untuk proses peledakan dinamit atau biasanya pada pekerjaan pertambangan.

c), Metode tumbuk dengan menggunakan tekanan udara (Air Rotary Percussion Methods)
Dalam metode ini merupakan gabungan dari air rotary methods dengan teknik tumbukan (percussion). Agar drill cutting terangkat dari dalam lubang bor ke permukaan, maka harus menggunakan tekanan angin dari kompresor. Sedangkan untuk menumbuk batuan pada saat Pengeboran menggunakan pneumatic hammer yang berputar dengan jumlah impact antara 10 – 15 tumbukan per detik.

d). Metode putar sirkulasi terbalikk atau (Reverse Circulation Rotary Methods) Pada metode ini sama dengan metode direct rotary. Prinsip kerja nya khusus digunakan untuk pengeboran dengan diameter yang cukup besar minimum 40–1,8 meter dengan kondisi batuan yang tidak terkonsolidasi.

Degan metode ini, lumpur dari annulus lubang bor dipompa keluar dengan bantuan pompa lain sehingga permukaan lumpur selalu berada di level permukaan tanah. maka dengan begitu kemungkinan terjadi runtuhan pada dinding sumur bor pada saat Pengeboran sedikit berkurang. Kapasitas pada pemompaan nya adalah (kecepatan aliran di dalam pipa stang bor harus sekitar 2 m/sec).

3). Jasa sumur bor menggunakan mesin putar Hidraulik/ Hidraulic Rotary + Percussive Drilling).
Rotary-percussive drilling adalah metode Pengeboran yang menggunakan aksi tumbukan yang dikombinasikan dengan aksi putaran, sehingga terjadi proses peremukan dan penggerusan batuan.

Metode ini terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Metode Top hammer.
Pada metode ini, aksi putaran dan tumbukan dihasilkan di luar lubang bor yang kemudian ditransmisikan melalui batang bor yang menuju mata bor.
2. Metode Down the hole hammer.
Dalam metode ini, aksi tumbukan dihasilkan di dalam lubang bor kemudian dialirkan langsung ke mata bor, sedangkan aksi putarannya dihasilkan di luar mata bor yang kemudian ditransmisikan melalui batang bor menuju mata bor.
jasa pembuatan sumur bor

Itulah beberapa metode pengeboran dan alat dalam jasa sumur bor air tanah.
Hubungi kami sekarang juga di wa/hp Hubungi 085894954610 (klik untuk terhubung ke wa langsung) untuk jasa pembuatan sumur bor, Jasa sumur bor artesis
Jasa sumur bor dalam
Jasa sumur bor semi artesis
Jasa sumur bor jetpump

Back to Home.